Jumat, 20 Maret 2015

Cara Membersihkan Karburator Motor




Gambar. Membersihkan Karburator Motor.
      Setelah membahas tentang bagaimana cara merawat sepeda motor, kali ini saya akan membahas bagaimana cara membersihkan karburator motor. Karburator memiliki peran yang sangat vital bagi kendaraan, karena dengan komponen inilah asupan bahan bakar dan angin di campur dengan maksimal sehingga bisa menghasilkan pembakaran yang optimal. Jika perawatannya tidak baik, maka besar kemungkinan performa motor akan berkurang. Langsung saja, saya akan menjelaskan bagaimana cara membersihkan karburator motor.

Tahapan Proses Pengerjaan :

1. Lepaskan kabel baut pengikat.
    Melepas pengikat baut kabel gas dan baut kabel choke. kemudian lepas selang bensin, selang hisap, dan selang pembuangan.

2. Lepas karburator dari dudukannya.
    Lepaskan karburator dari manifold/dudukannya. Kemudian setelah di lepas simpan karbu tersebut di wadah.

3. Buka karburator.
     Buka karburator dengan cara melepas baut-baut pengikat tutup karburator (mangkuk/chamber). Saat membuka komponen yang ada di dalam karburator di haruskan menggunakan alat-alat kunci yang sesuai, agar komponen tersebut tidak mudah dol. Setelah melepas mangkok, kemudian melepas komponen yang ada di dalam karburator, pelampung, jarum pelampung, main jet, pilot jet, dan needle jet. Tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat, agar komponen yang sudah di lepas tadi tidak hilang. Jika sudah terlepas semuanya kemudian bersihkan karburator dengan bensin dengan di usap menggunakan kuas dan amplas halus. Gunakan juga amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer, jangan terlalu banyak mengamplasnya, karena dapat menyebabkan perubahan diameter spuyer. Semprot komponen yang sudah di bersihkan dengan udara bertekanan tinggi. Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer, pelampung dan jarum pelampung.  

4. Pasang kembali komponen karburator.
    Setelah membersihkan komponen yang ada di dalam karburator lalu pasang kembali bagian-bagian karburator yang dilepas, pasang karburator dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin (Manifold). Pasang kabel gas dan kabel choke. Jangan lupa pasang selang bensin, selang hisap, selang pembuangan.

5. Setel langsam dan setel angin.
     Lalu setel langsam motor pada keadaan mesin hidup. Setel spuyer angin dengan cara memutar searah jarum jam sampai mentok, lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin atau kondisi mesin motor kita. Setel juga baut penyetel langsam. Setel pada keadaan panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan, hal ini dapat menyebabka oli tidak dapat naik karena tidak terpompa akibar rendahnya putaran mesin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentarnya!